LEMARI ES




Kulkas sebagai perangkat elektronik rumah tangga menempati tempat yang cukup penting. Terutama bagi pekerja yang tinggal di perkotaan.

Terbatasnya waktu yang dimiliki membuat mereka tak bisa berbelanja setiap hari, sehingga mau tak mau harus menyimpan bahan makanan dalam kulkas.

Pentingnya fungsi kulkas ini membuat Anda harus lebih cermat memilih sebelum memutuskan untuk membelinya. Menurut Munir Hasan Basri dari Sanken Learning Center, beberapa hal yang harus dipertimbangkan, antara lain adalah:

1. Kulkas yang dipilih harus memiliki kemampuan pendinginan yang baik.
Tandanya bisa dilihat dari bagian kanan atas kulkas. Untuk merek-merek dari Eropa biasanya ditandai dengan lampu bintang. Produk lokal Indonesia umumnya berbintang 3 dengan kemampuan pendinginan hingga -150C. Sementara merek dari Eropa memiliki bintang 5 dengan kemampuan pendinginan mencapai -210C.


2. Pilih kulkas sesuai dengan kebutuhan
Jika Anda tipe orang yang berbelanja secara mingguan, pilih yang freezer-nya besar untuk menyimpan aneka daging dan ikan. Hal ini termasuk pemilihan posisi refrigerator dan freezer. Jika Anda malas membungkuk untuk mengambil sesuatu, pilih yang refrigerator-nya di bagian atas.

3. Pilih kulkas dengan kompartemen sayur atau buah yang ada lubangnya.
Jika kompartemen diisi dengan buah, sebaiknya lubangnya ditutup untuk menjaga kesegaran buah. Sementara jika ingin menyimpan sayur-sayuran, lebih baik lubang penutup pada bagian pinggirnya dibuka karena sayur membutuhkan udara yang lembab.

4. Dengan aneka fitur yang tersedia, pilih kulkas yang memiliki multi air flow karena fitur ini berfungsi agar udara dalam kulkas lebih cepat merata.

5. Pilih juga kulkas yang memiliki kompresor rotary, karena bentuknya yang simpel membuat volume kompartemen sayur menjadi lebih besar.
Selain itu, kulkas yang menggunakan kompresor rotary umumnya tertutup rapi sehingga sulit bagi tikus untuk masuk ke dalamnya.

6. Pilih kulkas dengan body yang terbuat dari PCM (Pre Coated Material) yang mengkilat dan antigores, sehingga tampilannya lebih eksklusif.

Tidak ada komentar: