MICROWAVE

Siapa bilang pekerjaan rumah tangga adalah pekerjaan kasar yang tak menyenangkan? Berkat kemajuan teknologi, perangkat rumah tangga kian praktis dan canggih, sehingga banyak hal yang bisa dilakukan dalam satu waktu.

Memasak, mencuci pakaian, berbenah rumah, bahkan bersih-bersih diri bisa dilakukan dalam waktu yang singkat berkat bantuan mesin cuci, vacuum cleaner, dan microwave.

Kecanggihan microwave, bahkan bukan hanya bisa digunakan oleh para ibu rumah tangga, namun juga oleh para anak remaja yang sebelumnya malas berkutat di dapur.

Walau terbilang canggih, agar hasil masakan dengan menggunakan microwave tidak mengecewakan, ikuti beberapa tips jitu berikut:

1. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan microwave, sebagai langkah awal cobalah dulu masakan-masakan yang sederhana.
Baca buku petunjuknya dengan seksama. Jika masih ada yang belum paham, jangan ragu untuk menanyakan pada toko di mana Anda membeli alat ini.


2. Sebelum mengaplikasikan resep masakan dengan menggunakan microwave, ada baiknya jika Anda cek kembali kekuatan panas pada alat tersebut.
Umumnya, setiap merek menghasilkan kapasitas panas yang tidak sama.

3. Pastikan wadah makanan yang Anda gunakan memang khusus didesain untuk microwave, seperti pyrex atau plastik yang memang tahan panas dan khusus digunakan dalam microwave.
Jangan menggunakan sembarang plastik karena tak semua jenis plasitik tahan terhadap panas yang dihasilkan microwave.

4. Untuk menghindari adanya kemungkinan tersengat aliran listrik, sebaiknya jauhkan alat-alat masak yang bisa menghantarkan arus listrik.
Hal ini juga berlaku untuk lap basah.

5. Agar kualitas makanan tetap terjaga, gunakan selalu bahan-bahan segar.
Walaupun panas bisa mematikan kuman dan bakteri, ada baiknya jika sebelum dimasak, bahan makanan tersebut dicuci bersih terlebih dahulu.

6. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, jangan memasak sayuran dalam microwave terlalu lama karena kandungan vitamin dan nutrisinya akan hilang.
Sepuluh hingga lima belas menit adalah waktu yang cukup untuk memasak sayuran.

7. Jika Anda hanya ingin menghangatkan makanan ringan berjenis burger atau pastry, atur waktu sebentar saja sekitar 1-2 menit untuk menghindari pemborosan listrik.

Sumber: Klasika Kompas 9 April 2007
Baca selengkapnya......

Tidak ada komentar: